Home » Berita Domino » Permainan Domino Chicken Foot

Permainan Domino Chicken Foot

Permainan Domino Chicken Foot

Chicken Foot yang juga dikenal sebagai domino ayam, domino Chickie, dan Chickie, adalah permainan domino yang sama dari “Train”, mirip dengan Meksiko Train. Chicken Foot dimainkan perputaran, satu putaran untuk setiap domino di sebut set. Permainan ini biasanya dimainkan oleh 2 sampai 8 pemain menggunakan salah satu set umum (double-six, double-nine, double-twelve, double-fifteen or double-eighteen).

Objektif

Tujuan dari permainan ini adalah untuk memiliki skor terendah pada akhir putaran terakhir. Untuk setiap putaran, tujuannya adalah para pemain harus mengosongkan tangan mereka dengan meletakan semua domino mereka di papan.

Persiapan

Domino yang pertama kali di acak dan menghadap ke bawah. Kemudian, masing-masing pemain mengambil tujuh domino ditangan mereka. Dengan lebih dari empat pemain, permainan membutuhkan set domino yang lebih. Jumlah domino yang ditarik dapat ditingkatkan ketika pemain lebih sedikit menggunakan satu set yang lebih besar (misalnya, empat pemain menggunakan dua belas set dapat menarik 15 domino). Setiap domino yang tersisa ditempatkan ke samping, membentuk jalur.

Putaran Pertama

Putaran pertama dimulai dengan domino double tertinggi ditempatkan di pusat tata letak untuk memulai permainan (menggunakan double-dua belas set, ini akan menjadi ganda 12). (Dalam setiap putaran yang selesai, maka angka terendah berikutnya ditentukan dan ditempatkan pada titik awal: 11, 10, 9, dll sampai putaran terakhir menggunakan double kosong).

Di babak pertama saja, setiap orang boleh mengambil domino tunggal dari jalur. Pemain yang mendapatkan nilai tertinggi akan memulai putaran dan semua orang akan mengembalikan semua domino yang telah di ambil dari jalur. Pemain awal harus memainkan domino yang cocok (satu dengan ujung nilai yang sama sebagai double) dari tangan mereka pada salah satu dari empat sisi double, dengan akhir yang cocok terhadap double. Pemain berikutnya akan memainkan domino dengan mencocokan domino pada sisi yang tersisa, dan ini terus akan berlanjut sampai semua empat sisi dipenuhi. Jika seorang pemain tidak bisa bermain karena mereka tidak memiliki domino yang cocok, maka pemain harus menarik satu domino dari jalur. Jika itu domino tidak cocok, giliran mereka akan jatuh ke pemain berikutnya. Tidak ada pemain lain yang dapat bermain dibuat sampai keempat sisi ganda diisi.

Setelah keempat sisinya dipenuhi, pemain di sebelah kiri orang terakhir akan mengisi 6 domino dapat memainkan semua domino di tangan mereka yang cocok untuk mengakhiri domino yang akan dimainkan. Jika seorang pemain tidak dapat ditemukan pada domino, mereka harus menarik satu domino dari tumpukan tulang dan baik bermain jika mungkin atau melewatinya. Jika jalur telah dikosongkan, setiap pemain yang tidak bisa bermain hanya melewatinya. Jika tidak ada pemain yang bisa bermain atau menarik domino, maka putaran berakhir.

Chicken Foot

Setiap kali pemain memainkan double yang cocok pada titik akhir, pemain akan menyebut “Chickie (Number)” untuk menunjukkan mereka telah memulai “kaki ayam” yang baru. Sebagai contoh, jika seorang pemain memainkan ganda 4 pada akhir 6/4 domino mereka akan membagi sisi panjang terhadap akhir dengan 4 sisi dan menyebutnya “Chickie Fours”. Tidak ada domino lainnya dapat dimainkan sampai 3 dari 4 jakuar ini dimainkan melawan sisi lain dari ganda 4. Tiga domino dimainkan melawan ganda 4 dan dimainkan di sisi panjang yang berlawanan dengan sisi awalnya yang dimainkan.

Hasil akhirnya akan terlihat seperti kaki ayam (seperti nama permainan) dengan ganda memiliki satu domino diletakkan tegak lurus ke satu sisi, dan tiga domino lebih pada sisi yang berlawanan, tengah menjadi tegak lurus dan dua lainnya di 45 derajat ke tegak lurus. Setiap pemain yang tidak memiliki domino yang cocok dengan bermain ganda harus menarik domino dari tumpukan tulang dan kemudian memainkannya dan jika cocok atau lewat. Setelah tiga domino yang cocok dimainkan untuk menyelesaikan kaki ayam, pemain berikutnya mungkin memainkan domino pada setiap titik akhir pencocokan, termasuk salah satu dari tiga cabang kaki ayam baru.

Mengakhiri putaran

Sebuah babak berakhir ketika salah satu pemain memainkan domino terakhir di tangan mereka atau tidak ada pemain dapat membuat permainan berlanjut kembali. Situasi terakhir ini dapat terjadi jika seseorang memainkan ganda yang tidak bisa lagi memiliki tiga domino tersisa untuk bebas bermain di atasnya sampai jalurnya habis.

Pada akhir setiap putaran, setiap pemain menjumlahkan domino di tangan mereka, yang menjadi skor mereka dan ditambahkan ke hasil total yang sedang berjalan. Dalam setiap putaran berikutnya, double tertinggi ditarik bahwa belum digunakan untuk memulai putaran dimulai babak berikutnya. Ketika putaran untuk setiap ganda yang telah dimainkan, permainan berakhir dan pemain dengan kemenangan skor terendah.

Sebuah permainan tidak bisa berakhir dengan seri. Jika tidak, pemain yang berposisi ganda mendapat 50 poin. Seorang pemain yang memegang double kosong di tangan mereka pada akhir babak akan mendapat 50 poin, tapi setengah kosong tidak memiliki nilai selain jumlah pada setengah lainnya.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*